Cara Upgrade Firmware TP-LINK Menjadi OpenWRT

Cara upgrade firmware ini sebenarnya sangat simple dan mudah, namun yang perlu di perhatikan adalah dalam hal pemilihan firmware OpenWRT yang sesuai dengan type dan seri router yang kita miliki.

Disini saya menggunakan TP LINK TL-MR3420 V1, dan akan di upgrade menjadi OpenWRT versi terbaru yaitu Chaos Calmer 15.05.1 (versi terbaru saat ini). Untuk TP-LINK versi lain silahkan kunjungi website resmi OpenWRT di https://wiki.openwrt.org/toh/start

UPGRADE TP LINK FIRMWARE KE OPENWRT
  1. Download firmware OpenWRT di bawah ini (TL-MR3420 V1):
  2. Buka browser ketik 192.168.1.1 (ip default TP LINK jika belum di rubah) lalu log in untuk masuk ke menu konfigurasi nya.
  3. Masuk pada pilihan System Tool -> Firmware Upgrade -> Choose File (cari firmware OpenWRT yang sudah di download tadi)
  4. Klik Upgrade, dan tunggu hingga proses selesai (apabila muncul pesan "please choose a file to upgrade" rename terlebih dahulu file firmware)
  5. Setelah proses selesai router akan otomatis reboot, dan firmware telah menggunakan OpenWRT Chaos Calmer 15.05.1
Demikian cara upgrade firmware TP LINK menjadi OpenWRT, mudah dan simple sekali bukan?. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di video dibawah ini.


Peringatan! Selama proses upgrade jangan mematikan, mereboot, atau mencabut power router, hal ini akan membuat router brick, dan dibutuhkan hardware khusus untuk memperbaikinya. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan koneksi kabel dalam proses upgrade ini.

0 Response to "Cara Upgrade Firmware TP-LINK Menjadi OpenWRT"

Post a Comment