Cara Mengembalikan Firmware Asli TP LINK dari OpenWRT

Karena alasan tertentu terkadang kita ingin mengembalikan router TP LINK ke firmware aslinya, sebenarnya cara ini cukup simple dan mudah, namun seperti pada proses sewaktu upgrade dari TP LINK menjadi OpenWRT yaitu hal ini bisa beresiko router akan brick apabila kita salah memilih firmware yang cocok dengan type dan seri router kita.

Perlu di ketahui, kita tidak bisa langsung upgrade dengan firmware yang di unduh langsung dari website resmi TP LINK. Dalam kasus ini saya ini masih menggunakan router dengan type TL-MR3420 V1, yang firmwarenya bisa di download dari web friedzombie di http://www.friedzombie.com/tplink-stripped-firmware/, yang sudah di hilangkan part bootloadernya.

Sebelum memulai proses ini pastikan anda sudah memiliki tool-tool yang di perlukan seperti dibawah ini, antara lain:
  1. WinSCP (link)
  2. PuTTY (link)

FLASH OPENWRT KE TP LINK FIRMWARE
  1. Download file firmware di bawah ini (TL-MR3420 V1) versi lain silahkan menyesuaikan.
    http://www.friedzombie.com/tplink-stripped-firmware/download.php?d=TL-MR3420-V1
  2. Jalankan WinSCP dan konek ke router melalui protocol SCP
  3. Setelah sukses terkoneksi silahkan pindah ke direktori /tmp pada router
  4. Kemudian upload firmware yang sudah di download tadi dan rename menjadi ori.bin (untuk memudahkan nanti eksekusi perintahnya di PuTTY)
  5. Jalankan PuTTY dan konek ke router melalui protocol SSH
  6. Setelah sukses terkoneksi silahkan ketik perintah berikut ini :
    cd /tmp
    mtd -r write ori.bin firmware
  7. Tunggu proses sampai router reboot dengan sendirinya (warning! selama proses berjalan jangan matikan atau reset router)
  8. Setelah router telah kembali nyala dengan sempurna, silahkan masuk konfigurasi router melalui ip 192.168.1.1 dan router sudah kembali menggunakan firmware asli.
Demikian cara mengembalikan firmware asli TP LINK dari OpenWRT, sangat mudah dan simple bukan? Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini :


Peringatan! Selama proses upgrade jangan mematikan, mereboot, atau mencabut power router, hal ini akan membuat router brick, dan dibutuhkan hardware khusus untuk memperbaikinya. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan koneksi kabel dalam proses upgrade ini.

0 Response to "Cara Mengembalikan Firmware Asli TP LINK dari OpenWRT"

Post a Comment